Tape singkong merupakan salah satu makanan tradisional yang populer di Indonesia. Biasanya, tape singkong dijadikan sebagai cemilan atau makanan penutup karena rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal. Jika Anda ingin mencoba membuat tape singkong sendiri di rumah sebagai salah satu usaha sampingan kuliner yang menggiurkan ,Anda bisa mencoba membuat jajanan oleh-oleh dari singkong yang di jadikan Tape,

 berikut adalah langkah-langkahnya:

Baca juga cara membuat Oncom praktis untuk usaha kuliner

Bahan-bahan:

- Singkong yang sudah dikupas dan dipotong-potong (sekitar 1 kg)

- Air bersih secukupnya

- Ragi tape singkong (bisa dibeli di toko bahan kue)

- Gula pasir (sekitar 250 gram)

- Daun pisang secukupnya

Alat-alat Yang di siapkan :

- Wadah yang cukup besar

- Alat pengaduk

- Kain bersih

- Loyang atau wadah untuk menampung tape singkong yang sudah jadi

Langkah-langkah Pembuatan Tape singkong:

- Cuci singkong dengan air bersih sampai bersih. Kemudian, kupas singkong dan potong-potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

- Rebus singkong dalam air bersih sampai empuk. Pastikan air cukup menutupi singkong ketika direbus.

- Setelah singkong empuk, angkat dan tiriskan. Biarkan singkong dingin.

- Siapkan wadah yang cukup besar, lalu masukkan singkong yang sudah direbus ke dalamnya. Tambahkan ragi tape dan gula pasir. Aduk hingga merata.

- Ambil selembar daun pisang, letakkan di atas meja, lalu ambil sejumput campuran tape singkong dan letakkan di atas daun pisang tersebut. Lipat daun pisang hingga campuran tape terbungkus rapi. Lakukan hal yang sama dengan campuran tape yang lainnya hingga habis.

-Letakkan bungkusan tape yang sudah dibungkus di atas kain bersih, kemudian tutup dengan kain tersebut. Diamkan selama 2-3 hari hingga tape singkong sudah matang.

- Setelah 2-3 hari, buka kain yang menutupi bungkusan tape. Anda akan melihat bahwa tape sudah matang dan berwarna putih kekuningan.

- Potong tape singkong sesuai dengan ukuran yang diinginkan, lalu sajikan.

-Itulah cara membuat tape singkong yang bisa Anda coba di rumah semoga dapat menjadi inspirasi untuk membuka peluang kerja berwiraswasta yang bisa menghasilkan keuntungan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!